PLN Mobile memberikan informasi tentang jumlah tagihan dari layanan PLN yang sudah digunakan dengan praktis. Tinggal mengecek dari smartphone, pelanggan sudah dapat mengetahui jumlah tagihan listrik yang perlu dibayar. Tetapi tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat lain.
Saat ini kehidupan manusia sangat tergantung dengan listrik. Bahkan urusan utama manusia seperti cara memperoleh air saja sekarang juga mengandalkan listrik. Belum lagi untuk urusan lain yang tidak bisa berjalan tanpa mengandalkan listrik. Maka tidak heran apabila ada gangguan listrik banyak orang yang jadi susah.
Di Indonesia kebijakan pengelolaan Listrik dikelola oleh negara merupakan langkah yang tepat. Mengingat sangat pentingnya listrik dalam menunjang berbagai sendi kehidupan.
Kualitas pengelolaan Listrik yang ditangani oleh PLN saat ini selalu diupayakan agar terus meningkat. Walaupun beberapa waktu lalu juga sempat mengalami gangguan yang termasuk cukup parah.
Pelayanan PLN kepada anda dihitung melalui meteran. Sehingga penggunaan listrik setiap periode dapat dibayar berdasarkan jumlah konsumsi yang digunakan.
Manfaat Aplikasi PLN Mobile
Sekarang ini PLN mempermudah penggunaan layanan dengan aplikasi resmi bernama PLN Mobile. Aplikasi ini bisa membantu menunjukkan jumlah pemakaian dan biaya tagihan yang harus dibayar. Sehingga pelanggan tidak perlu susah-susah naik kursi untuk melihat angka dari penunjuk baca meter kemudian menghitung manual dari angka meteran yang terpasang pada dinding rumah.
Aplikasi PLN Mobile menyediakan informasi mengenai tagihan rekening listrik, transaksi token, lokasi pembayaran terdekat, informasi riwayat pemakaian kwh listrik dan juga pengaduan.
Dengan aplikasi PLN Mobile anda dapat menggunakan layanan PLN dengan lebih mudah. Contohnya bila dulu anda harus melakukan panggilan di nomor 123 untuk mengetahui jumlah tagihan. Tetapi sekarang cukup menggunakan layanan PLN Mobile informasi tersebut sudah langsung dapat diketahui.
Melalui informasi PLN Mobile anda juga bisa mengantisipasi terhadap adanya pemadaman listrik. Karena informasi pemadaman diberikan secara up to date melalui aplikasi ini. Sehingga anda sudah siap dengan penerangan cadangan maupun cadangan air bersih sewaktu listrik padam.
Anda juga dapat mengajukan berbagai macam permohonan yang biasanya harus dilakukan di kantor PLN terdekat. Anda dapat memanfaatkan fitur permohonan pasang baru, permohonan pindah daya, dan juga permohonan penerangan sementara hanya dengan aplikasi ini.
Cara Menggunakan PLN Mobile
Untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile anda perlu mengunduh dari aplikasi playstore terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan smartphone Android ataupun iPhone. Kemudian setelah terinstall anda perlu melakukan proses pendaftaran.
Untuk mendaftar anda perlu mengirim beberapa informasi yang dibutuhkan, agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Informasi yang dibutuhkan antara lain:
- Nama Lengkap
- IDPEL atau Nomor Meter
- Lokasi bisa diisi sesuai KTP, namun umumnya bisa Otomatis terdeteksi setelah Nomor Meter Dimasukkan
- Nomor Handphone yang anda gunakan
- Alamat Email
- Password yang diinginkan
Setelah informasi diatas dimasukkan maka aplikasi siap digunakan.
Cara Cek Tagihan Listrik PLN
Selanjutnya untuk menggunakan fitur paling utama di aplikasi ini yaitu cek tagihan listrik. Anda bisa mengikuti langkah berikut:
- Buka aplikasi PLN mobile anda
- Pilih menu informasi
- Kemudian pilih menu informasi tagihan dan token listrik
- Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter
- Kemudian pilih Cek Tagihan
- Setelah itu informasi yang anda butuhkan untuk mengetahui tagihan ataupun token akan ditampilkan aplikasi PLN Mobile ini.
Bila anda merasa ada layanan PLN yang kurang memuaskan, anda juga bisa memanfaakan aplikasi ini untuk menyampaikan pengaduan. Dengan aplikasi ini pengaduan anda akan segera dicatat dan ditanggapi tanpa perlu menghubungi call center yang seringkali terputus saat dihubungi.
Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar