Facebook saat ini tengah berupaya membangun ekosistem game yang berkualitas pada layanan chattingnya. Untuk mewujudkan hal tersebut Facebook telah melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah membuka peluang developer game untuk memperoleh keuntungan melalui program in-app purchase dan iklan langsung dari facebook.
Selama ini banyak game di facebook yang berhasil membuat pengguna facebook messanger tertarik untuk bermain. Tapi disisi lain, pembuat game tersebut kesulitan untuk mendapatkan keuntungan (memonetisasi) dari jalur Facebook. Maka dari itu pembuat game menggunakan jalur lain yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan. Salah satunya menggunakan jalur iklan dari Google.
Kali ini facebook memberikan jalur yang dapat digunakan para pengembang game agar lebih mudah memperoleh pendapatan. Facebook mempersilahkan pengembang untuk menambahkan jalur pendapatan lewat in-app purchase dan juga iklan. Iklan di dalam facebook nantinya akan diukur dengan tool optimaslisasi langsung melalui facebook.
Sebagai langkah untuk mengawali kebijakan ini, fitur in-app purchase akan diterapkan pada versi Android. Sebagaimana Google, Facebook akan melakukan pemotongan pendapatan sebesar 30 persen. Hal ini dilakukan facebook karena selama ini, facebook hanya menjadi mediator tanpa mendapat apa-apa. Pemotongan pendapatan dari in-app purchase hanya dilakukan Google Playstore dengan porsi 30 persen dan sisanya 70 persen untuk pengembang.
Pengguna aktif facebook Messenger yang diklaim tidak kurang dari 70 juta, tentunya menjadi peluang menarik bagi para pengembang game. Ditambah lagi jalur monetisasi yang langsung dan mudah tanpa perlu melibatkan peran pihak selain facebook diharapkan dapat mendorong semangat pengembang untuk dapat membuat karya yang berkualitas.
Bagaimana? anda berminat membuat game dan mencoba jalur iklan melalui facebook ini?

Posting Komentar