Beberapa waktu yang lalu, saya kehilangan kartu ATM BCA. Seperti prosedur standarnya, saya melaporkan kehilangan kartu dan melakukan blokir melalui phone banking halo BCA. Yaitu dengan melalui nomor (kode area) 500888.
Setelah melapor kehilangan kartu ATM, dan ditanya mengenai kapan waktu terakhir transaksi, jumlah transaksi terakhir, dan dimana posisi terakhir transaksi. Sejak saat itu, akhirnya kartu ATM saya secara resmi diblokir. Tentu saja setelah itu saya tidak dapat menggunakan layanan mobile banking, sms banking dan layanan klik BCA juga tidak bisa.
Selang sehari berikutnya, saya ke bank BCA cabang di kota saya untuk mengurus kartu debit BCA yang baru. Ternyata prosesnya tidak lama, asalkan datangnya pagi supaya tidak antre. Dengan membawa KTP dan buku tabungan proses pembuatan kartu baru dapat dilakukan dengan segera. Semua data divalidasi kembali dan setelah itu, saya pun mendapatkan kartu debit yang baru.
Setelah mendapatkan kartu ATM yang baru saya diberikan opsi untuk dapat menggunakan layanan seperti sebelum kartu hilang dengan kode pengaman sandi (password) yang telah saya gunakan atau ganti sandi dengan yang baru. Saya memilih untuk tetap menggunakan sandi yang lama. Setelah proses selesai saya pun meninggalkan bank dengan membawa kartu debit BCA.
Tidak ragu sayapun pergi ke mesin ATM untuk melakukan cek saldo dan lain sebagainya. Setelah semua proses berjalan lancar saya pun merasa lega. Saat masih di parkiran, saya kepikiran untuk melakukan cek saldo melalui mobile banking.
Setelah itu giliran saya melakukan cek menggunakan aplikasi BCA Mobile yang saya install pada smartphone. Ternyata, BCA Mobile yang ada pada smartphone masih diblokir. Karena saya sering menggunakan aplikasi BCA mobile banking untuk bertransaksi online maka saya putuskan untuk kembali ke bank.
Sewaktu di pintu Bank saya pun disambut oleh security yang berniat membantu. Oleh security saya diminta untuk mendaftarkan kembali nomor hp melalui mesin atm dan menghapus dan menginstall ulang kembali aplikasi mobile banking BCA. Setelah semua saran tersebut saya lakukan, ternyata masih saja tidak dapat masuk ke akun saya. Karena petugas security juga bingung, akhirnya saya diarahkan ke salah satu Customer Service tanpa perlu mengantri.
Setelah menjelaskan duduk permasalahan pada Customer service. Ternyata masalahnya adalah di password saya. Jadi walaupun saya menghapus aplikasi dan mendaftar lagi dengan password lama, maka yang terdeteksi adalah kartu ATM lama. Agar data user dalam aplikasi dapat diperbarui maka saya perlu memasukkan password baru. Akhirnya sayapun menuruti kata Customer Service tersebut. Setelah berhasil masuk dan cek saldo menggunakan aplikasi BCA Mobile saya pun lega. Namun, Customer service kembali mengajukan opsi apakah saya ingin menggunakan password lama saya?. Pada saat itu saya mengiyakan. Ternyata dengan menu ganti password saya bisa menggunakan password lama saya kembali.
Dengan demikian maka saya dapat menggunakan semua fasilitas kembali. Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat.
Posting Komentar